Investasi Emas Batangan lebih menguntungkan dibanding Emas Perhiasan

SHARE

torrent-fx-indonesia-23

Apakah anda sedang mencari alternatif investasi yang minim resiko? Investasi emas tentu menjadi salah satu alternatifnya. Investasi ini sudah dipercaya sejak ratusan tahun lalu dan hingga saat ini popularitasnya tidak berkurang sama sekali. Emas menjadi investasi pilihan ketika kondisi perekonomian dunia sedang tidak stabil. Selain itu, nilainya cenderung stabil, sehingga potensi kerugian sangat minim.

Mengapa Memilih Investas Emas

Kenapa Investasi Emas Batangan Lebih Menguntungkan Dibanding Emas Perhiasan

Alasan untuk memilih emas sebagai instrumen investasi tentu tidak perlu diragukan lagi. Di antaranya adalah kemudahan, keuntungan, dan resiko yang minim, seperti berikut:

  • Mudah Didapat

Gerai emas resmi mudah ditemukan di mana saja, bahkan hingga di kota-kota tingkat kecamatan. Meski dengan kualitas dan kemurnian yang bervariasi, perbedaannya tidak begitu signifikan. Selain itu, emas tersedia dengan ukuran yang beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan ketersediaan uang anda. Ukurannya mulai dari 1 gram hingga ratusan gram.

  • Resiko Minim

Faktor keamanan adalah salah satu alasan untuk menginvestasikan uang anda dalam bentuk emas. Di antaranya:

  • Kualitas tidak berubah. Berapa lamapun disimpan, kualitas emas anda tidak akan mengalami pergeseran. Jika anda berinvestasi sebanyak 10 gram, maka 10 tahun berikunya, beratnya tetap 10 gram. Oleh sebab itu, tidak terjadi depresiasi atau penyusutan seperti halnya investasi dalam bentuk aset fisik lainnya.
  • Resiko penipuan lebih kecil. Emas bukanlah sesuatu yang mudah dipalsukan. Sepanjang anda membeli di toko atau lembaga resmi, maka anda bisa terhindar dari masalah akibat penipuan.
  • Aman dari inflasi. Seperti dibahas di atas, ketika kondisi perekonomian tidak stabil, maka emas adalah instrumen investasi paling aman dari masalah moneter.
  • Likuiditas Tinggi. Setelah tabungan, emas adalah instrumen investasi paling likuid. Artinya, kapanpun anda membutuhkan uang, maka emas bisa dijual, baik di toko emas atau bank yang menerima jual-beli emas. Tidak perlu menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu, emas bisa anda jadikan uang hanya dalam hitungan jam.
 

4 Alasan Memilih Investasi Emas Batangan

Dalam kaitannya dengan logam mulia, sebenarnya ada 3 jenis emas yang tersedia di pasaran, yakni emas perhiasan, keping emas dinar, dan emas batangan. Untuk keperluan investasi, emas batangan tetap menjadi rekomendasi nomor satu dibanding emas perhiasan dan keping emas dinar. Berikut adalah beberapa alasannya:

  1. Bersertifikat

Emas batangan di Indonesia diproduksi oleh PT. Antam. Saat membeli emas batangan, anda akan mendapatkan sertifikat yang menunjukkan tingkat kemurnian emas yang anda miliki. Sertifikat resmi yang dikeluarkan PT. Antam diakui di semua tempat, baik di toko emas, bank, atau pegadaian. Bahkan, sertifikat kepemilikan emas Antam bahkan bisa digunakan sebagai agunan saat anda mengajukan pinjaman di Pegadaian.

Sebenarnya, saat anda membeli koin emas dirham, anda juga akan mendapatkan sertifikat yang sama, yakni menunjukkan tingkat kemurnian emas yang dimiliki. Untuk hal ini, emas batangan dan dirham memiliki keunggulan yang sama. Sebaliknya, saat membeli perhiasan, anda tidak dibekali sertifikat, melainkan hanya kertas jual-beli.

  1. Bebas Pajak

Dalam hal pajak, emas batangan lebih unggul dibanding perhiasan emas dan keping emas dirham. Alasannya? Perhiasan emas dan keping emas dirham sama-sama dikelompokkan sebagai perhiasan menurut aturan yang berlaku di tanah air. Akibatnya, keduanya dikenai aturan perpajakan, yakni pasal pertambahan nilai sebesar 10%.

Sebaliknya, emas batangan memang diproduksi untuk instrumen investasi. Anda tidak perlu memikirkan urusan pajak, karena emas batangan tidak masuk kategori perhiasan. Jadi, anda tidak akan dikenai pajak atas investasi dalam bentuk emas batangan.

  1. Tersedia Fasilitas Online

Teknologi internet memberikan kemudahan bagi investor emas batangan. Kini, anda bisa membeli emas batangan tanpa harus ke toko emas atau ke bank. Cukup lakukan pemesanan dan pembayaran secara online, maka investasi emas akan menjadi milik anda. Di antara fasilitas yang tersedia untuk transaksi emas online adalah gerai PT. Antam, Pegadaian, dan Tokopedia.

Internet juga dapat meningkatkan rasa nyaman anda sebagai investor. Sebagai contoh, saat akan membeli atau menjual emas batangan, anda bisa mengecek harga resmi di PT. Antam. Hal ini menjadi solusi bagi mereka yang pernah menjadi korban oknum toko emas yang menerapkan harga di bawah harga pasar.

  1. Harga Jual Lebih Tinggi

Terkait harga jual, emas batangan lebih unggul dibanding emas perhiasan maupun dinar. Alasannya?

  • Emas perhiasan memiliki bentuk yang rumit. Akibatnya, harga jual emas perhiasan anda akan dipotong biaya produksi atau biaya pembuatan. Hal yang sama juga terjadi untuk dinar. Biasanya, ada ongkos pembuatan sekitar 3% – 5%. Ongkos produksi ini tidak menambah nilai jual logam mulia milik anda.
  • Harga emas perhiasan cenderung dipengaruhi trend dan selera pasar. Bentuknya yang berbeda-beda tentunya tidak disukai semua orang. Adakalanya, bentuk perhiasan anda sudah ketinggalan zaman. Artinya, harus dipatri dan diproduksi ulang. Hal ini membuat harga jual emas anda berkurang.
  • Emas batangan memiliki harga yang relatif seimbang di semua daerah. Jadi, di manapun anda menjual atau membeli emas, harganya akan seragam. Sebenarnya, dirham juga memiliki nilai jual yang stabil. Namun, likuiditasnya sedikit lebih rendah karena tidak semua toko emas melayani jual-beli dirham. Terkadang, anda harus menjualnya di komunitas sesama pemilik dirham.

Hal Yang Harus Diperhatikan untuk Investasi Emas Batangan

 

Meski demikian, emas batangan juga memiliki sisi lemah sebagai instrumen investasi. Pastikan anda memahaminya dengan baik sebelum mengambil keputusan, antara lain:

  • Biaya penyimpanan

Sebenarnya, ini berlaku untuk emas batangan, perhiasan, atau dirham. Setelah anda membeli emas, wujud fisiknya membutuhkan tempat penyimpanan yang aman. Jika tidak memiliki brankas di rumah, anda mungkin perlu menyimpannya di safety deposit box milik bank. Rekening penyimpanan emas di bank akan dikenai biaya administrasi bulanan.

  • Bukan Untuk Investasi Jangka Pendek

Saat anda mempelajari karakteristik investasi emas batangan, maka anda akan mengetahui bahwa instrumen ini sesunggihnya tidak dianjurkan untuk investasi jangka pendek. Harga emas bisa berfluktuasi dalam jangka pendek. Jadi, tidak ada jaminan kalau anda akan beruntung. Jadi, emas tidak cocok untuk trading jangka pendek.

  • Likuiditas bisa lemah

Emas batangan biasanya tersedia dalam ukuran kecil hingga besar. Semakin berat bobot emas batangan yang anda miliki, semakin rendah likuiditasnya. Misalnya, jika anda memiliki emas batangan 25 gram, anda tidak bisa menjualnya secara cicilan, misalnya 5 gram saja terlebih dahulu. Sebaliknya, kepingan emas dinar bisa dijual ecer, karena satu keping hanya 1 dinar. Jika anda memiliki 15 dinar emas dan ingin menjual 5 dinar, cukup lepas 5 dinar dan simpan sisa 10 dinar lagi. Tidak ada masalah.

Bagaimana? Ulasan tentang keunggulan investasi emas batangan dibanding perhiasan maupun kepingan logam emas diharapkan dapat membantu anda mengambil keputusan dengan baik. Emas batangan memiliki lebih banyak keunggulan karena peruntukannya memang untuk investasi. Namun, tetap ada beberapa resiko yang harus anda antisipasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *