Bab 3: Istilah dalam Perdagangan Mata Uang

SHARE

valas-structure

Sebelum kita melanjutkan pelajaran ini, sangat perlu bagi kita untuk mempelajari beberapa konsep dasar dari perdagangan Valas (FX Trading).

Beberapa konsep yang akan dibahas, walau pun telah kita bicarakan dalam bab sebelumnya, akan tetap kita bahas kembali karena pentingnya hal tersebut.

Kita juga akan memperdalam beberapa topik yang sudah kita bahas sebelumnya agar kita siap untuk melakukan trading kita yang pertama.

Perdagangan di pasar tunai Valas

Peran Pembentuk Pasar Valas

  • Biasanya disebut sebagai Dealer atau Pialang, seorang Pembentuk Pasar Valas memberikan 2 arah penawaran untuk setiap pasangan mata uang yang ditawarkan.
  • Sebuah Penawaran 2 arah terdiri dari harga Penawaran (Bid Price) dan harga Permintaan (Ask Price), serta ialah nilai kurs tukar dimana Pembentuk Pasar bersedia untuk membeli atau menjual pasangan mata uang tersebut.
  • Kurs Tukar yang diumumkan oleh Pialang Valas, memberikan nilai kurs yang dapat diperdagangkan (dipertukarkan) untuk sebuah mata uang ke mata uang lainnya.
  • Misalnya jika mata uang A bernilai 1,25 dari mata uang B, dan anda ingin menukarkan 500 unit mata uang A, anda akan menerima 625 uni mata uang B (500 x 1,25).
  • Sebaliknya, jika anda memerlukan 1200 unit mata uang B, tetapi anda hanya memiliki mata uang A, maka anda perlu menukarkan 960 unit mata uang A untuk mendapatkan mata uang B yang diharapkan tersebut (1200÷ 1,25).

Kurs Tukar (Exchange Rate) menggambarkan berapa banyak sebuah mata uang dapat dibeli atau dijual dengan menukarkan pada satu uni mata uang lainnya.

Penyelesaian Perdagangan Tunai

  • Perdagangan tunai pada pasar Valas dimaksudkan untuk Penyelesaian segera (Immediate settlement).
  • Ini berarti perdagangan tersebut dianggap telah dilakukan (selesai) setelah pembeli dan penjual setujua atas syarat perdagangannya.
  • Akan tetapi pengiriman mata uang yang diperdagangkan tadi memerlukan waktu 2 hari setelah perdagangan itu dilakukan. Ini disebut sebagai tanggal penyelesaian (Settlement date).
  • Dalam industri, hal ini disebut sebagai “T+2” yang ialah singkatan dari “Hari Perdagangan (trade day) ditambah 2 hari” untuk penyelesaiannya (Pengiriman mata uang secara fisik) dilakukan.
  • T+2 adalah pengertian dimana pada waktu yang lalu ketika hampir semua perdagangan dilakukan dengan menggunakan mesin fax atau melalui Telephone. Dengan cara ini, maka diijinkan perjanjian dilakukan segera antara peserta perdagangan, sementara diperlukan beberapa hari untuk melakukan transfer dana antara pembeli dan penjual.

Perdagangan Tunai (Spot Trade) adalah suatu kontrak untuk membeli atau menjual sejumlah pasangan mata uang tertentu pada nilai kurs tukar tertentu.

Membeli dan Menjual Pasangan Mata uang

  • Kurs tukar memberikan gambaran tentang seberapa besar sebuah mata uang dapat membeli mata uang lainnya.
  • Misalnya, pasangan mata uang yang paling seringkali diperdagangkan adalah Euro dan US dollar. Pasangang mata uang ini selalu terdaftar sebagai EUR/USD dan tidak pernah dinyatakan sebaliknya.
  • Saat membeli EUR/USD, Anda sebenarnya membeli Euro yang pada saat bersamaan menjual US dollar; Saat menjual EUR/USD, Anda menjual Euro dan membeli US dollar.

Bagian dari sebuah pasangan mata uang

  • Bagian pertama yang disebutkan dalam pasangan mata uang disebut sebagai Base Currency (mata uang dasar); mata uang yang kedua disebut sebagai Quote atau disebut juga Counter Currency (mata uang penawar).
  • Saat diumumkan bersamaan dengan Kurs tukar, Pasangan mata uang mengindikasikan berapa banyak mata uang penawar (Quote Currency) yang diperlukan untuk membeli 1 unit Mata uang dasar. Misalnya EUR/USD = 1,5467 mengindikasikan bahwa 1 Euro dapat membeli 1,5467 US dollar.
  • Jika menjual sebuah pasangan mata uang, maka kurs tukar menandakan berapa banyak uni dari Mata uang dasar yang akan Anda terima saat menjual satu uni Matau Uang penawar (Quote Currency).
  • Dengan menerapkan standar istilah pasangan mata uang ini, kesalahan dapat dikurangi dan akan memudahkan nilai kurs tukar dimengerti secara jelas.

Kurs tukar (Exchange Rate) dan Sebaran (Spread)

  • Setiap pasang mata uang yang terdaftar di pialang Anda akan disertai dengan nilai kurs tukar yang menandakan harga Penawaran (Bid Price) dan harga Permintaan (Ask Price) untuk pasangan mata uang tersebut.
  • Harga Penawaran adalah kurs yang Pialang Anda bersedia untuk membayar untuk pasangan mata uang tersebut, atau dengan kata lain, Nilai ini adalah kurs yang akan Anda terima jika menjual mata uang tersebut pada pasar.
  • Harga Permintaan adalah kurs dimana pialang Anda bersedia untuk menjual dan menggambarkan kurs yang harus Anda bayar untuk membeli pasangan mata uang tersebut.
  • Harga Penawaran (Bid Price) selalu lebih kecil dibandingkan dari harga Penawaran (Ask Price) karena pialang membayar lebih sedikit dari yang mereka terima untuk pasangan mata uang yang sama. Perbedaan ini – dikenal dengan Sebaran (Spread) – adalah pendapatan bagi Pialang Anda.
  • Ilustrasi diatas menggambarkan bagaimana pialang biasanya menyajikan sebuah pasangan mata uang untuk menggambarkan Harga Penawaran dan Harga Permintaan.
  • Dalam contoh ini, Harga Penawaran 1,4745 Euro untuk setiap US dollar, sementara Harga Permintaan 1,4746 untuk setiap US dollar.
  • Harga Penawaran biasanya disajikan sebelum harga Penawaran, dan karena perbedaan dari kedua harga ini cenderung sangat kecil, Pialang biasanya hanya menyajikan 2 digit terakhir saat mereka menandakan harga Penawaran.
  • Sebaran (Spread) adalah biaya Anda untuk perdagang dengan Pialang. Sebaran dapat bervariasi secara berarti antar satu pialang dengan pialang lainnya. Karena itu kita harus mencari PIalang yang menawarkan sebaran yang terbaik (Paling ketat – tightest) agar dapat meminimalisasi biaya perdagangan kita.

Apa itu Pip dalam Valas

Gambaran Ikhtisar

  • Pip = “Price Interest Point”
  • Sebuah Pip menghitung besarnya perubahan dari Kurs Tukar sebuah pasangan mata uang.
  • Untuk pasangan mata uang yang memberikan 4 desimal, 1 pip sama dengan 0,0001 kecuali untuk Pasangan mata uang berbasis Yen. Pasangan mata uang berbasis Yen ini hanya memberikan 2 desimal saja (0,01).
  • Beberapa pialang sekarang menawarkan Fractional Pips untuk memberikan digit ekstra yang lebih tepat saat menawarkan kurs tukar untuk pasangan mata uang tertentu.
  • Sebuah fractional pip sama dengan nilai 1/10 Pip.
  • Ada pialang yang memperkenalakan fractional pips – atau “pipettes” – untuk memberikan sebaran yang lebih ketat untuk pasangan mata uang tertentu. Misalnya, sangat mungkinuntuk menyajikan pasangan mata uang EUR/USD dalam bentuk pipettes (yaitu dengan 5 desimal), sementara pasangan mata uang dengan Yen sebagai Quote Currency dapat disajikan dalam 3 desimal bukannya dalam bentuk asalnya yaitu 2 desimal.
  • Pedagang Valas (Forex Trader) terkadang menggunakan pips untuk menjelaskan keuntungan atau kerugian mereka. Misalnya seorang pedangan berkata: “Saya membuat 40 pips dari transaksi saya” berartri pedagang tadi mendapat keuntungan 40 pips. Namun besarnya jumlah kas tergangtung dari nilai pip-nya.

Penentuan Nilai Pip

  • Nilai sebenarnya dari setiap pip tergantung dari 3 faktor: Pasangan Mata uang yang diperdagangkan, besasrnya Perdagangan dan Kurs Tukar.
  • Berdasarkan faktor ini, fluktuasi dari sebuah pip dapat memberikan pengaruh berarti pada nilai dari posisi perdagangan yang masih terbuka.
  • Misalnya, ada perdagangan $300.000 untuk pasangan USD/CAD yang ditutup pada 1,0568 setelah mendapat keuntungan 20 pips. Untuk menghitung keuntungandalam US dollar,kita harus melalui urutan berikut ini:

o Tentukan jumlah CAD untuk setiap pip dengan mengkalikan jumlah yang diperdagangkan dengan 1 pip sebagai berikut:
300.000 x 0.0001 = 30 CAD per pip

o Bagi jumlah CAD per pip dengan kurs tukar penutupan untuk mendapatkan banyaknya USD per pip:
30÷1,0568 = 28,39 USD per pip

o Kalikan jumlah pips yand didapat dengan julah setiap Pip dalam USD untuk mendapatkan kerugian/keuntungan dari sebuah transaksi:
Keuntungannya adalah: 20 x 28,39 = $567,80 USD

  • Contoh lain:

    No.

    Pasangan Mata Uang

    Kurs Tukar

    Perubahan Pip

    Jumlah Perdagangan

    1

    UER/BGP

    0.8714

    +29

    350.000 EUR

     

    · Jumlah GBP per pip: 350,000 x 0,0001 = 35

    · Nilai per Pip: 35 ÷ 0.8714 = 40,17 EUR per Pip

    · Untung/(Rugi) dari Transaksi: 29 Pips x 40,17 = 1.164,93 EUR

    2

    AUD/NZD

    1,2703

    -17

    175.000 AUD

     

    · Jumlah NZD per pip: 175,000 x 0,0001 = 17,5

    · Nilai per Pip: 17,5 ÷ 1,2703 = 13,78 NZD per Pip

    · Untung/(Rugi) dari Transaksi: (17) Pips x 13,78 = (234,26) AUD

    3

    CHF/JPY

    83.84

    +18

    500,000 CHF

     

    · Jumlah JPY per pip: 500,000 x 0,01 = 5,000

    · Nilai per Pip: 5,000 ÷ 83,84 = 59,64 JPY per Pip

    · Untung/(Rugi) dari Transaksi: 18 Pips x 59,64 = 1.073,52 CHF

    4

    USD/JPY

    91.16

    (27)

    200,000 USD

     

    · Jumlah JPY per pip: 200,000 x 0,01 = 2,000

    · Nilai per Pip: 2,000 ÷ 91,16 = 21,94 JPY per Pip

    · Untung/(Rugi) dari Transaksi: (27) Pips x 21,94 = (592,38) USD

  • Biasanya semua Pialang akan mengaku bahwa mereka memberikan Sebaran yang paling baik (kecil), tetapi biasanya hanya sebuah perihal dan tidak pernah dilakukan. Karena itu, Anda harus melakukan pekerjaan rumah untuk membandingkan dan melakukan investigasi kepada Pialang Anda yang berjanji memberikan penawaran sebaran yg terbaik.

Bagaimana ketidakpastian (uncertainty) dalam pasar mensugesti Sebaran

  • Berita yang akan terjadi, seperti laporan inflasi dan pertemuan bank central, adalah peristiwa yang paling umum yang bisa menyebabkan sebaran bertambah besar.
  • Saat berita dari sebuah peristiwa telah diterima/diserap oleh pasar dan menjadi lebih jelas kemana arah mata uang tersebut akan bergerak, maka sebaran biasanya kembali ke tingkat normal.

Bagaimana menutup Posisi yang terbuka (Open Position) dalam Valas

Gambaran umum

  • Transaksi yang aktif disebut sebagai posisi yang terbuka (open positions)
  • Open positions akan tetap berfluktuasi sesuai dengan kurs tukar yang terjadi.
  • Open Positions ditutup dengan masuk dalam perdagangan dengan mengambil posisi yang berlawanan dari posisi awal perdagangan.
  • Akibat dari hal ini akan membuat jumlah dari pasangan mata uang ini menjadi kembali 0 (nol).

Pengakuan Keuntungan/Kerugian (Realizing Gains/Losses)

  • Sangat penting untuk mengerti bahwa keuntungan dan kerugian dari posisi yang terbuka adalah masih belum terealisir (Unrealized).
  • Hanya jika Anda menutup sebuah posisi maka Anda sebenarnya telah mengakui (realize) keuntungan atau kerugian dari sebuah transaksi; hal ini akan mensugesti saldo kas dari rekening Anda.

Menutup Sebuah Posisi Long

  • Untuk menutup sebuah posisi long, Anda harus menjual sejumlah uni yang sama dari pasangan mata uang untuk membuat posisi long Anda menjadi 0 (nol).
  • Misalnya Anda mengambil posisi Long $100.000 EUR/USD, Anda perlu menjual $100.000 EUR/USD kembali ke pasar untuk membuat EUR/USD yang ada pegang menjadi 0 (nol).
  • Jika Anda menerima lebih saat anda menjual dari pada yang Anda bayarkan waktu memesannya, Anda mendapatkan keuntungan, dan sebaliknya.

Menutup sebuah Posisi Short

  • Sebuah Posisi Short adalah kebalikan dari posisi Long – bayangkan seperti memegang sejumlah negatif dari pasangan mata uang.
  • Untuk menutup posisi short ini, Anda perlu membeli pasangan mata uang yg sama untuk membuat posisi short Anda menjadi 0 (nol).
  • Misalnya, jika Anda dalam posisi Short $100.000 EUR/USD, maka anda harus membeli $100.000 EUR/USD untuk menutup posisi short Anda. Jika Anda dapat membeli kembali pasangan ini dengan harga yang lebih rendah maka anadan mendapat keuntungan.

Menutup posisi sebagian

  • Dimungkinkan untuk menutup sebagian dari posisi yang terbuka dengan menjual atau membeli sebagian untuk menutup sebagian posisi terbuka tersebut.
  • Misalnya, Anda menjual hanya $75.000 saat anda mempunyai posisi terbukan untuk $100.000 EUR/USD, penutupan ¾ dari jumlah awal ini, akan membuat posisi EUR/USD yang terbukan sebesar $25.000.

Apa maksud End-of-Day Rollovers pada Valas

Gambaran umum

  • Sebuah end-of-day rollover – juga dikenal sebagai rollover swap – digunakan oleh Pialang untuk memproses posisi terbuka agar dapat diperpanjang ke hari berikutnya.
  • Rollovers (perpanjangan) menerapkan titik penggal-batas (cut-off point) untuk hari bisnis, setelah setiap bisnis baru tertanggal hari selanjutnya dan menjadi bagian dari hari bisnis berikutnya.
  • Perpanjangan harus dilakukan untuk mennetukan penilaian harian atas transaksi terbuka agar perhitungan bunga (interest) atas posisi tersebut.
  • Jika perdagangan dilakukan dengan margin account, Anda akan menerima bunga atas posisi long Anda, dan harus membayar bunga untuk posisi short.
  • Selisih bunga antar kedua hal ini disebut dengan Carry.
  • Positive Carry didapat saat Anda menerima lebih bunga dari pada yang Anda harus bayarkan, dan hal ini akan langsung ditambahkan dalam Rekening Anda. Jika Carry hasilnya negatif, maka akan dikurangkan dari rekening Anda.
  • Banyak pialang melakukan perpanjangan secara otomatis melalui penutupan posisi yang terbukan pada akhir hari dan secara bersamaa melaukan pembukaan untuk psosi yang sama untuk hari bisnis berikutnya. Hal ini dikenal sebagai transaksi “Tomorrow Next” atau disingkat dengan “tom next”
  • Perdagangan Intra day tidak disertakan dalam perhitungan bunga bagi pialang yang menggunakan perpanjangan dengan cara seperti ini. Jika Anda membuka dan menutup sebuah transaksi dalam waktu yang sama dan tidak memegangnya dalam posisi terbuka sampai Pialang Anda melakukan penilaian akhir hari, maka transaksi Anda tidak terkena bunga.

Ringkasan

  • Mata uang diperdagangkan dalam pasangan mata uang – misalnya EUR/USD. Dalam kasus ini, EUR adalah base currency dan USD adalah Quote atau Counter Currency.
  • Saat anda membeli EUR/USD, Anda secara bersamaan membeli EUR dan menjual sejumlah US dollar dalam nilai yang ekuivalen. Saat menjual EUR/USD, Anda menjual Euro dan membeli USD.
  • Kurs Tukar untuk pasangan mata uang dinyatakan dengan kedua harga penawaran (apa yang Anda terima jika menjual) dan harga permintaan (apa yang Anda bayar jika membeli).
  • Selisih antara harga penawaran dan harga permintaan disebut dengan sebaran (Spread)
  • “Pip” adalah singkatan dari “Price interest point” dan sama dengan 0.01 untuk kurs tukar yang menggambarkan 2 desimal. Sedangkan untuk kurs tukar yang dinyatakan dalam 4 desimal, 1 pip sama dengan 0,0001.
  • Beberapa pialang menawarkan tambahan digit untuk ketepatan dari kurs tukar tertentu. Tambahan digit ini biasanya disebut dengan “Fractional pip”
  • Buy = mengambil posisi long. Sell = Mengambil posisi short
  • Untuk menutup sebuah posisi, Anda perlu membeli atau menjual sejumlah yang sama dari posisi yang terbuka sehingga nilai posisi yang terbuka tersebut menjadi 0 (nol).
  • Unrealized gains/losses (Keuntungan/Kerugian yang belum direalisasikan) adalah keuntungan atau kerugian yang disebabkan dari posisi terbuka jika ditutup pada nilai tukar kurs sekarang. Kalau posisi terbuka tersebut ditutup, maka Keuntungan dan kerugian yang ada disebut sebagai Realized.
  • Sebuah perpanjangan akhir hari end-of-day rollover- atau rollover swap, digunakan oleh banyak pialang Valas untuk menutup sebuah posisi terbukan pada akhir hari bisnisnya. Sebuah posisi baru akan secara otomatis dibuat pada hari bisnis berikutnya dan Net Interest ( Bunga yang didapat dikurangi Bunga yang dibayar) dihitung untuk posisi yang dibuka pada saat perpanjangan (rollover) dilakukan.

Sebelum kita melanjutkan pelajaran ini, sangat perlu bagi kita untuk mempelajari beberapa konsep dasar dari perdagangan mata uang (FX Trading).

Beberapa konsep yang akan dibahas, walau pun telah kita bicarakan dalam bab sebelumnya, akan tetap kita bahas kembali karena pentingnya hal tersebut.

Kita juga akan memperdalam beberapa topik yang sudah kita bahas sebelumnya agar kita siap untuk melakukan trading kita yang pertama.

Perdagangan di pasar tunai Valas

Peran Pembentuk Pasar Valas

· Biasanya disebut sebagai Dealer atau Pialang, seorang Pembentuk Pasar Valas memberikan 2 arah penawaran untuk setiap pasangan mata uang yang ditawarkan.

· Sebuah Penawaran 2 arah terdiri dari harga Penawaran (Bid Price) dan harga Permintaan (Ask Price), serta ialah nilai kurs tukar dimana Pembentuk Pasar bersedia untuk membeli atau menjual pasangan mata uang tersebut.

· Kurs Tukar yang diumumkan oleh Pialang Valas, memberikan nilai kurs yang dapat diperdagangkan (dipertukarkan) untuk sebuah mata uang ke mata uang lainnya.

· Misalnya jika mata uang A bernilai 1,25 dari mata uang B, dan anda ingin menukarkan 500 unit mata uang A, anda akan menerima 625 uni mata uang B (500 x 1,25).

· Sebaliknya, jika anda memerlukan 1200 unit mata uang B, tetapi anda hanya memiliki mata uang A, maka anda perlu menukarkan 960 unit mata uang A untuk mendapatkan mata uang B yang diharapkan tersebut (1200<!–[if gte msEquation 12]>÷<![endif]–> 1,25).

Kurs Tukar (Exchange Rate) menggambarkan berapa banyak sebuah mata uang dapat dibeli atau dijual dengan menukarkan pada satu uni mata uang lainnya.

Penyelesaian Perdagangan Tunai

· Perdagangan tunai pada pasar Valas dimaksudkan untuk Penyelesaian segera (Immediate settlement).

· Ini berarti perdagangan tersebut dianggap telah dilakukan (selesai) setelah pembeli dan penjual setujua atas syarat perdagangannya.

· Akan tetapi pengiriman mata uang yang diperdagangkan tadi memerlukan waktu 2 hari setelah perdagangan itu dilakukan. Ini disebut sebagai tanggal penyelesaian (Settlement date).

· Dalam industri, hal ini disebut sebagai “T+2” yang ialah singkatan dari “Hari Perdagangan (trade day) ditambah 2 hari” untuk penyelesaiannya (Pengiriman mata uang secara fisik) dilakukan.

· T+2 adalah pengertian dimana pada waktu yang lalu ketika hampir semua perdagangan dilakukan dengan menggunakan mesin fax atau melalui Telephone. Dengan cara ini, maka diijinkan perjanjian dilakukan segera antara peserta perdagangan, sementara diperlukan beberapa hari untuk melakukan transfer dana antara pembeli dan penjual.

Perdagangan Tunai (Spot Trade) adalah suatu kontrak untuk membeli atau menjual sejumlah pasangan mata uang tertentu pada nilai kurs tukar tertentu.

Membeli dan Menjual Pasangan Mata uang

· Kurs tukar memberikan gambaran tentang seberapa besar sebuah mata uang dapat membeli mata uang lainnya.

· Misalnya, pasangan mata uang yang paling seringkali diperdagangkan adalah Euro dan US dollar. Pasangang mata uang ini selalu terdaftar sebagai EUR/USD dan tidak pernah dinyatakan sebaliknya.

· Saat membeli EUR/USD, Anda sebenarnya membeli Euro yang pada saat bersamaan menjual US dollar; Saat menjual EUR/USD, Anda menjual Euro dan membeli US dollar.

Bagian dari sebuah pasangan mata uang

· Bagian pertama yang disebutkan dalam pasangan mata uang disebut sebagai Base Currency (mata uang dasar); mata uang yang kedua disebut sebagai Quote atau disebut juga Counter Currency (mata uang penawar).

· Saat diumumkan bersamaan dengan Kurs tukar, Pasangan mata uang mengindikasikan berapa banyak mata uang penawar (Quote Currency) yang diperlukan untuk membeli 1 unit Mata uang dasar. Misalnya EUR/USD = 1,5467 mengindikasikan bahwa 1 Euro dapat membeli 1,5467 US dollar.

· Jika menjual sebuah pasangan mata uang, maka kurs tukar menandakan berapa banyak uni dari Mata uang dasar yang akan Anda terima saat menjual satu uni Matau Uang penawar (Quote Currency).

· Dengan menerapkan standar istilah pasangan mata uang ini, kesalahan dapat dikurangi dan akan memudahkan nilai kurs tukar dimengerti secara jelas.

Kurs tukar (Exchange Rate) dan Sebaran (Spread)

· Setiap pasang mata uang yang terdaftar di pialang Anda akan disertai dengan nilai kurs tukar yang menandakan harga Penawaran (Bid Price) dan harga Permintaan (Ask Price) untuk pasangan mata uang tersebut.

· Harga Penawaran adalah kurs yang Pialang Anda bersedia untuk membayar untuk pasangan mata uang tersebut, atau dengan kata lain, Nilai ini adalah kurs yang akan Anda terima jika menjual mata uang tersebut pada pasar.

· Harga Permintaan adalah kurs dimana pialang Anda bersedia untuk menjual dan menggambarkan kurs yang harus Anda bayar untuk membeli pasangan mata uang tersebut.

· Harga Penawaran (Bid Price) selalu lebih kecil dibandingkan dari harga Penawaran (Ask Price) karena pialang membayar lebih sedikit dari yang mereka terima untuk pasangan mata uang yang sama. Perbedaan ini – dikenal dengan Sebaran (Spread) – adalah pendapatan bagi Pialang Anda.

· Ilustrasi diatas menggambarkan bagaimana pialang biasanya menyajikan sebuah pasangan mata uang untuk menggambarkan Harga Penawaran dan Harga Permintaan.

· Dalam contoh ini, Harga Penawaran 1,4745 Euro untuk setiap US dollar, sementara Harga Permintaan 1,4746 untuk setiap US dollar.

· Harga Penawaran biasanya disajikan sebelum harga Penawaran, dan karena perbedaan dari kedua harga ini cenderung sangat kecil, Pialang biasanya hanya menyajikan 2 digit terakhir saat mereka menandakan harga Penawaran.

Sebaran (Spread) adalah biaya Anda untuk perdagang dengan Pialang. Sebaran dapat bervariasi secara berarti antar satu pialang dengan pialang lainnya. Karena itu kita harus mencari PIalang yang menawarkan sebaran yang terbaik (Paling ketat – tightest) agar dapat meminimalisasi biaya perdagangan kita.

Apa itu Pip dalam Valas

Gambaran Ikhtisar

· Pip = “Price Interest Point”

· Sebuah Pip menghitung besarnya perubahan dari Kurs Tukar sebuah pasangan mata uang.

· Untuk pasangan mata uang yang memberikan 4 desimal, 1 pip sama dengan 0,0001 kecuali untuk Pasangan mata uang berbasis Yen. Pasangan mata uang berbasis Yen ini hanya memberikan 2 desimal saja (0,01).

· Beberapa pialang sekarang menawarkan Fractional Pips untuk memberikan digit ekstra yang lebih tepat saat menawarkan kurs tukar untuk pasangan mata uang tertentu.

· Sebuah fractional pip sama dengan nilai 1/10 Pip.

Ada pialang yang memperkenalakan fractional pips – atau “pipettes” – untuk memberikan sebaran yang lebih ketat untuk pasangan mata uang tertentu. Misalnya, sangat mungkinuntuk menyajikan pasangan mata uang EUR/USD dalam bentuk pipettes (yaitu dengan 5 desimal), sementara pasangan mata uang dengan Yen sebagai Quote Currency dapat disajikan dalam 3 desimal bukannya dalam bentuk asalnya yaitu 2 desimal.

Pedagang Valas (Forex Trader) terkadang menggunakan pips untuk menjelaskan keuntungan atau kerugian mereka. Misalnya seorang pedangan berkata: “Saya membuat 40 pips dari transaksi saya” berartri pedagang tadi mendapat keuntungan 40 pips. Namun besarnya jumlah kas tergangtung dari nilai pip-nya.

Penentuan Nilai Pip

· Nilai sebenarnya dari setiap pip tergantung dari 3 faktor: Pasangan Mata uang yang diperdagangkan, besasrnya Perdagangan dan Kurs Tukar.

· Berdasarkan faktor ini, fluktuasi dari sebuah pip dapat memberikan pengaruh berarti pada nilai dari posisi perdagangan yang masih terbuka.

· Misalnya, ada perdagangan $300.000 untuk pasangan USD/CAD yang ditutup pada 1,0568 setelah mendapat keuntungan 20 pips. Untuk menghitung keuntungandalam US dollar,kita harus melalui urutan berikut ini:

o Tentukan jumlah CAD untuk setiap pip dengan mengkalikan jumlah yang diperdagangkan dengan 1 pip sebagai berikut:

o 300.000 x 0.0001 = 30 CAD per pip

o Bagi jumlah CAD per pip dengan kurs tukar penutupan untuk mendapatkan banyaknya USD per pip:

o 30÷1,0568 = 28,39 USD per pip

o Kalikan jumlah pips yand didapat dengan julah setiap Pip dalam USD untuk mendapatkan kerugian/keuntungan dari sebuah transaksi:

o Keuntungannya adalah: 20 x 28,39 = $567,80 USD

· Biasanya semua Pialang akan mengaku bahwa mereka memberikan Sebaran yang paling baik (kecil), tetapi biasanya hanya sebuah perihal dan tidak pernah dilakukan. Karena itu, Anda harus melakukan pekerjaan rumah untuk membandingkan dan melakukan investigasi kepada Pialang Anda yang berjanji memberikan penawaran sebaran yg terbaik.

Bagaimana ketidakpastian (uncertainty) dalam pasar mensugesti Sebaran

· Berita yang akan terjadi, seperti laporan inflasi dan pertemuan bank central, adalah peristiwa yang paling umum yang bisa menyebabkan sebaran bertambah besar.

· Saat berita dari sebuah peristiwa telah diterima/diserap oleh pasar dan menjadi lebih jelas kemana arah mata uang tersebut akan bergerak, maka sebaran biasanya kembali ke tingkat normal.

Bagaimana menutup Posisi yang terbuka (Open Position) dalam Valas

Gambaran umum

· Transaksi yang aktif disebut sebagai posisi yang terbuka (open positions)

· Open positions akan tetap berfluktuasi sesuai dengan kurs tukar yang terjadi.

· Open Positions ditutup dengan masuk dalam perdagangan dengan mengambil posisi yang berlawanan dari posisi awal perdagangan.

· Akibat dari hal ini akan membuat jumlah dari pasangan mata uang ini menjadi kembali 0 (nol).

Pengakuan Keuntungan/Kerugian (Realizing Gains/Losses)

· Sangat penting untuk mengerti bahwa keuntungan dan kerugian dari posisi yang terbuka adalah masih belum terealisir (Unrealized).

· Hanya jika Anda menutup sebuah posisi maka Anda sebenarnya telah mengakui (realize) keuntungan atau kerugian dari sebuah transaksi; hal ini akan mensugesti saldo kas dari rekening Anda.

Menutup Sebuah Posisi Long

· Untuk menutup sebuah posisi long, Anda harus menjual sejumlah uni yang sama dari pasangan mata uang untuk membuat posisi long Anda menjadi 0 (nol).

· Misalnya Anda mengambil posisi Long $100.000 EUR/USD, Anda perlu menjual $100.000 EUR/USD kembali ke pasar untuk membuat EUR/USD yang ada pegang menjadi 0 (nol).

· Jika Anda menerima lebih saat anda menjual dari pada yang Anda bayarkan waktu memesannya, Anda mendapatkan keuntungan, dan sebaliknya.

Menutup sebuah Posisi Short

· Sebuah Posisi Short adalah kebalikan dari posisi Long – bayangkan seperti memegang sejumlah negatif dari pasangan mata uang.

· Untuk menutup posisi short ini, Anda perlu membeli pasangan mata uang yg sama untuk membuat posisi short Anda menjadi 0 (nol).

· Misalnya, jika Anda dalam posisi Short $100.000 EUR/USD, maka anda harus membeli $100.000 EUR/USD untuk menutup posisi short Anda. Jika Anda dapat membeli kembali pasangan ini dengan harga yang lebih rendah maka anadan mendapat keuntungan.

Menutup posisi sebagian

· Dimungkinkan untuk menutup sebagian dari posisi yang terbuka dengan menjual atau membeli sebagian untuk menutup sebagian posisi terbuka tersebut.

· Misalnya, Anda menjual hanya $75.000 saat anda mempunyai posisi terbukan untuk $100.000 EUR/USD, penutupan ¾ dari jumlah awal ini, akan membuat posisi EUR/USD yang terbukan sebesar $25.000.

Apa maksud End-of-Day Rollovers pada Valas

Gambaran umum

· Sebuah end-of-day rollover – juga dikenal sebagai rollover swap – digunakan oleh Pialang untuk memproses posisi terbuka agar dapat diperpanjang ke hari berikutnya.

· Rollovers (perpanjangan) menerapkan titik penggal-batas (cut-off point) untuk hari bisnis, setelah setiap bisnis baru tertanggal hari selanjutnya dan menjadi bagian dari hari bisnis berikutnya.

· Perpanjangan harus dilakukan untuk mennetukan penilaian harian atas transaksi terbuka agar perhitungan bunga (interest) atas posisi tersebut.

· Jika perdagangan dilakukan dengan margin account, Anda akan menerima bunga atas posisi long Anda, dan harus membayar bunga untuk posisi short.

· Selisih bunga antar kedua hal ini disebut dengan Carry.

· Positive Carry didapat saat Anda menerima lebih bunga dari pada yang Anda harus bayarkan, dan hal ini akan langsung ditambahkan dalam Rekening Anda. Jika Carry hasilnya negatif, maka akan dikurangkan dari rekening Anda.

· Banyak pialang melakukan perpanjangan secara otomatis melalui penutupan posisi yang terbukan pada akhir hari dan secara bersamaa melaukan pembukaan untuk psosi yang sama untuk hari bisnis berikutnya. Hal ini dikenal sebagai transaksi “Tomorrow Next” atau disingkat dengan “tom next”

· Perdagangan Intra day tidak disertakan dalam perhitungan bunga bagi pialang yang menggunakan perpanjangan dengan cara seperti ini. Jika Anda membuka dan menutup sebuah transaksi dalam waktu yang sama dan tidak memegangnya dalam posisi terbuka sampai Pialang Anda melakukan penilaian akhir hari, maka transaksi Anda tidak terkena bunga.

Ringkasan

· Mata uang diperdagangkan dalam pasangan mata uang – misalnya EUR/USD. Dalam kasus ini, EUR adalah base currency dan USD adalah Quote atau Counter Currency.

· Saat anda membeli EUR/USD, Anda secara bersamaan membeli EUR dan menjual sejumlah US dollar dalam nilai yang ekuivalen. Saat menjual EUR/USD, Anda menjual Euro dan membeli USD.

· Kurs Tukar untuk pasangan mata uang dinyatakan dengan kedua harga penawaran (apa yang Anda terima jika menjual) dan harga permintaan (apa yang Anda bayar jika membeli).

· Selisih antara harga penawaran dan harga permintaan disebut dengan sebaran (Spread)

· “Pip” adalah singkatan dari “Price interest point” dan sama dengan 0.01 untuk kurs tukar yang menggambarkan 2 desimal. Sedangkan untuk kurs tukar yang dinyatakan dalam 4 desimal, 1 pip sama dengan 0,0001.

· Beberapa pialang menawarkan tambahan digit untuk ketepatan dari kurs tukar tertentu. Tambahan digit ini biasanya disebut dengan “Fractional pip”

· Buy = mengambil posisi long. Sell = Mengambil posisi short

· Untuk menutup sebuah posisi, Anda perlu membeli atau menjual sejumlah yang sama dari posisi yang terbuka sehingga nilai posisi yang terbuka tersebut menjadi 0 (nol).

· Unrealized gains/losses (Keuntungan/Kerugian yang belum direalisasikan) adalah keuntungan atau kerugian yang disebabkan dari posisi terbuka jika ditutup pada nilai tukar kurs sekarang. Kalau posisi terbuka tersebut ditutup, maka Keuntungan dan kerugian yang ada disebut sebagai Realized.

· Sebuah perpanjangan akhir hari end-of-day rollover- atau rollover swap, digunakan oleh banyak pialang Valas untuk menutup sebuah posisi terbukan pada akhir hari bisnisnya. Sebuah posisi baru akan secara otomatis dibuat pada hari bisnis berikutnya dan Net Interest ( Bunga yang didapat dikurangi Bunga yang dibayar) dihitung untuk posisi yang dibuka pada saat perpanjangan (rollover) dilakukan.

 

WEBSITE LINK UNTUK MEMBUKA AKUN TRADING FBS :

  1. www.rumahforex.id
  2. www.fbsindonesia.trade
  3. www.fbsforex.online
  4. www.jfxindonesia.com
  5. www.fbs-forex.isu
  6. www.fbsmarkets.trade
  7. www.fbs-indonesia.net
  8. www.birawaforex.com
  9. www.belajarforexindonesia.com

Jika website diatas tidak dapat dibuka silahkan gunakan / instal anonymox di browser anda

download disini untuk chrome

download disini untuk mozilla

 

Artikel terkait yang dapat membantu anda:

    1. Cara membuka akun real trading fbs klik disini
    2. Jenis akun trading yang terdapat di fbs klik disini
    3. Dasar dan panduan forex trading klik disini
    4. Platform trading yang disiapkan FBS MT4 dan MT 5 klik disini 
    5. Promo Belajar forex online deposit $100 otomatis mendapat edukasi klik disini 
    6. Deposit gratis $10 untuk 50 trader pertama klik disini 

Forexterkini.com

One stop trader

Menjadi web yang membantu trader forex untuk mendapat beberapa analisa, fundamental, tekhnikal, menjadi pelopor seminar / edukasi / kursus forex online maupun offline.

Menjadi pelopor iklan untuk mitra / partner broker forex dalam (lokal) atau pun broker International 

 

Contact Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *